ORANG TUA WAJIB BACA!! 7 RAHASIA MENDIDIK ANAK MENJADI SHOLEH-SHOLIHAH



Cara mendidik anak yang benar menjadi kunci untuk mewujudkan harapan tersebut. Namun dalam prosesnya, orangtua kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya justru merupakan tindakan yang salah. Kebiasaan orang tua yang salah ini  akan berpengaruh besar dalam membangun karakter anak saat sudah dewasa.  Berikut ini ada tujuh rahasia yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik anak-anak mereka. Cara ini diharapkan mampu membangun mental agar anak menjadi  pribadi sukses dan membanggakan. Apa saja? Berikut ulasannya.
1. Diamkan Anak ketika Menangis
Hal pertama yang harus dilakukan dalam mendidik anak adalah mendiamkan mereka ketika menangis. Banyak orangtua yang membiarkan begitu saja ketika buah hati mereka menangis karena suatu hal. Padahal sebenarnya ketika anak menangis, sebagai orang tua jangan pernah membuang waktu untuk mendiamkannya. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua ketika anaknya menangis. Bisa dengan menunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya lalu terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis adalah menunduk. Maka cara mendiamkannya adalah dengan mengarahkannya untuk melihat ke arah atas. 
2. Ingatkan Anak untuk Berhenti Bermain
Mungkin sebagian orangtua ada yang merasa kesal ketika menyuruh anaknya berhenti bermain namun si anak tetap tidak beranjak. Jika ingin anak-anak berhenti, maka jangan pernah mengucapkan “Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!.” Namun usahakanlah untuk mengatakan kepada mereka Mainnya 5 menit lagi yaaa”. Kemudian ingatkan kembali: “Dua menit lagi yaaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Dengan demikian maka akan membuat mereka bisa berhenti bermain dengan hati yang ikhlas. 

3. Alihkan Perhatian Anak ketika Mulai Berisik
Memiliki banyak anak mungkin menjadi anugerah bagi sebagian orangtua. Akan tetapi bagaimana jika semua anak tersebut menimbulkan suara berisik yang justru membuat gaduh? Peran orangtua di sini untuk menenangkan mereka adalah dengan melakukan peringatan. 

Namun caranya harus benar yakni dengan mengalihkan perhatian si anak. Bisa dengan mengatakan Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita saya, angkat tangannya..”. Ketika satu orang saja yang tunjuk tangan, maka akan membuat anak lainnya ikut diam dan suasana kembali tentram.
4. Ucapkan Hal ini saat Anak Hendak Tidur
Ketika anak hendak tidur, sebagai orangtua hendaknya berkata seperti ini: Ayo tidur sayang.. besok pagi kan kita sholat subuh”, ucapan yang demikian ini akan membuat mereka lebih memperhatikan perkara akhirat. 

Hindari perkataan seperti ini: “Ayo tidur, besok kan sekolah”. Sebab hal ini akan membuat mereka tidak sholat subuh dan lebih perhatian terhadap kehidupan di dunia. Untuk itu, terus ingatkan anak perkara akhirat. Sebab anak yang shaleh dapat membawa orangtuanya menuju surga di akhirat kelak.
5. Nikmati Waktu Tumbuh Kembang Anak
Fenomena yang terjadi saat ini, banyak orangtua yang sibuk bekerja di luar rumah dan menyerahkan anak mereka untuk di asuh oleh baby siter. Padahal sebenarnya orangtualah yang seharusnya berperan dalam mendidik anak dari kecil hingga dewasa. 

Nikmati masa kecil anak-anak, sebab tanpa terasa waktu akan berlalu dengan sangat cepat. Akan ada banyak hal yang akan terlewatkan apabila orangtua terlalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah tanpa memperdulikan kehidupan anaknya. 
Untuk itu, luangkanlah waktu untuk bermain bersama mereka, tertawa bersama mereka dan bercanda di rumah bersama keluarga. Terus ajarkan mereka mengenai nilai-nilai kehidupan dengan cara yang menyenangkan sambil bermain. Dengan demikian sebagai orangtua anda akan memahami kepribadian si buah hati. 
6. Kurangi Penggunaan Handphone
Perkembangan dan kecanggihan teknologi terkadang membuat orangtua mengabaikan anak mereka. Banyak orangtua yang sibuk bermain gadget ketimbang merawat anaknya. Ada yang sibuk chatting-an dan tidak memperdulikan bahwa anaknya belum makan dan masih banyak lagi kasus lainnya.

Padahal sebagai orangtua yang baik, anda harus bisa meninggalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan gadget saat bersama anak. Orangtua yang bijaksana adalah mereka yang mengetahui bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan pandai dalam mendidik anak.
7. Selalu Berdoa kepada Allah SWT
Rahasia terakhir yang harus diterapkan dalam mendidik anak adalah dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Doakan agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan baik itu di dunia ataupun di akhirat. Terus doakan yang  terbaik untuk mereka, sebab doa orangtua lebih mujarab untuk dikabulkan oleh Allah SWT.
Demikianlah ulasan mengenai tujuh rahasia mendidik anak. Semoga artikel ini dapat membantu orangtua agar bisa mendidik anaknya dengan baik. Teruslah memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak.