Ini Kebutuhan Tidur Anak Sesuai Usia



Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah istirahat yang cukup, terlebih lagi bagi anak-anak yang memang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Bahkan tidur siang juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Akan tetapi kebutuhan tidur anak itu berbeda-beda setiap umurnya.

Nah, berikut adalah kebutuhan tidur anak sesuai usianya:

1. Di bawah usia 6 bulan
Anak di bawah usia 6 bulan membutuhkan jam tidur kurang lebih 16 hingga 20 jam dalam sehari. Pada usia tersebut, umumnya bayi hanya bangun untuk makan sekitar 2 hingga 3 jam. Akan tetapi saat ia memasuki usia 4 bulan maka ritme tidurnya akan lebih stabil.

2. Usia 6 sampai 12 bulan
Bayi pada usia ini biasanya akan tidur siang selama 3 hingga 4 jam, tidur 11 jam saat malam hari dan tidak bangun di malam hari untuk makan.

3. Usia 1 hingga 3 tahun
Saat si kecil memasuki usia batita, maka ia membutuhkan tidur sebanyak 10 sampai 13 jam, termasuk tidur siang 1 sampai 3 jam. Akan tetapi, perlu diingat untuk menghindari si kecil tidur sejenak sebelum jam tidur malamnya karena akan membuatnya sulit tidur.

4. Usia 3 sampai 5 tahun
Balita membutuhkan tidur sebanyak 10 sampai 12 jam dalam sehari dengan tambahan tidur siang. Karena pada usia tersebut, si kecil sudah banyak menjalani aktivitas, sehingga disarankan agar tidur lebih awal pada malam hari.

Perlu Mama ketahui, jika si kecil kurang tidur maka akan berdampak buruk pada tubuhnya, seperti anak mudah lelah, kurang konsentrasi dan bahkan ia mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya. Oleh karena itu, orangtua disarankan untuk menciptakan tidur yang nyaman untuk si kecil. Mulai dari pencahayaan yang redup hingga membacakan cerita pendek sebagai penghantar tidurnya.

Jika si kecil tidur siang, jangan khawatir. Tidur siang justru akan membuat anak lebih tenang dan nyenyak saat ia tidur pada malam hari, asalkan jam tidurnya tidak berlebihan.