Pembuat Patung Selamat Datang Bundaran HI Wafat



Kabar duka datang dari Yogyakarta. Edhi Soenarso, pria pembuat sejumlah patung monumental di Ibukota menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jogja Intenational Hospital akibat infeksi paru-paru.
"Telah berpulang ke pangkuan Allah SWT, pematung Indonesia Empu Ageng Edhi Soenarso, malam ini (Senin) pukul 23.15 di RS Jogja International Hospital," tulis pengelola akun Facebook Institut Seni Indonesia Jogjakarta (Indonesia Institute of the Arts Jogja), diakses Dream pada Selasa, 5 Januari 2016.
Jenazah Edhi akan dimakamkan siang ini sekitar pukul 13.30 WIB di pemakaman seniman Imogiri. Sebelum dimakamkan, jenazah akan disemayamkan di rektorat ISI dan akan digelar upacara penghormatan terakhir.
Pria yang lahir di Salatiga, 2 Juli 1932 ini mulai belajar membuat patung saat menjadi tawanan KNIL di Bandung antara 1946-1949. Usai bebas, Edhi menempa kemampuannya dengan mengambil pendidikan resmi di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta, yang sekarang bernama ISI.
Usai menamatkan pendidikan di ASRI pada 1955, Edhi mematangkan kemampuannya dalam membuat patung dengan melanjutkan pendidikan di Kelabhawa Visva Bharati University Santiniketan, India. Dia lulus dari universitas tersebut pada tahun 1957 dan menjalankan profesi sebagai pematung sekaligus pengajar di ISI.
Sepanjang hidupnya, Edhi menorehkan sejumlah prestasi. Karyanya menghiasi wajah Ibukota Jakarta, seperti Patung Selamat Datang di bundaran Hotel Indonesia (HI), patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, patung Dirgantara di Pancoran.