Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil



Saat mengandung, wanita membutuhkan lebih banyak makanan untuk memenuhi asupan nutrisinya. Ada banyak jenis makanan yang bermanfaat untuk ibu hamil, salah satunya adalah air kelapa.

Mengkonsumsi air kelapa selama hamil dapat membantu memenuhi asupan cairan serta elektrolit ke dalam tubuh. Hal ini adalah salah satu cara mudah untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Air kelapa kaya akan elektrolit, klorida, magnesium, kalsium, riboflavin, dan vitamin C. Tak hanya itu, air kelapa juga kaya akan serat dan mengandung gula, sodium, serta protein.

Mengkonsumsi air kelapa pada trimester pertama dapat membantu mencegah rasa mual, sembelit, mencegah dehidrasi, menambah kekebalan, serta mengurangi rasa lelah, dan cegah darah tinggi. Air kelapa juga membantu menggantikan kadar garam yang hilang dalam tubuh. 

Dilansir dari Boldsky, di bawah ini ada beberapa manfaat air kepala lainnya yang baik untuk ibu hamil:

Menjaga Asupan Cairan dalam Tubuh
Ibu hamil membutuhkan cairan lebih banyak untuk mencukupi asupan cairan pada janin. Selain dapat memenuhi cairan tambahan, air kelapa juga bisa membantu meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

Memberi Asupan Elektrolit
Wanita hamil membutuhkan banyak elektrolit yang bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Air kelapa memiliki kandungan sodium, kalsium, serta potasium yang menyalurkan elektrolit dalam tubuh. Ketiga mineral tersebut juga membantu menjaga cairan dalam tubuh agar tetap seimbang.

Mencegah Darah Tinggi
Banyak wanita hamil yang mengalami darah tinggi. Tentunya, hal ini dapat mengganggu kesehatan ibu dan si jabang bayi. Mengkonsumsi air kelapa selama hamil bisa membantu mencegah darah tinggi.

Menjaga Berat Tubuh
Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol. Maka dari itu, mengkonsumsi air ini tak akan membuat berat badan bertambah. Meminum air kelapa setiap hari dapat membantu menjaga kestabilan berat badan, terutama saat kehamilan.

DINI TEJA | BOLDSKY